Sunday, April 29, 2007

MENYEGARKAN INTERIOR MOBIL

Kepenatan kerja selama seminggu perlu penyegaran untuk mencharging baterai energi kita, melemaskan otot-otot kita yang kaku, misalnya. Tidak ada salahnya apabila Anda bisa memanfaatkan waktu libur Anda dengan mengisinya untuk membersihkan interior mobil Anda, anggap saja kegiatan ini sebagai pelemasan otot-otot Anda dan rekreasi. Bisa saja sih, Anda menggunakan jasa profesional, tapi bila dirumah Anda ada bahan dan peralatan yang bisa dipergunakan, kenapa tidak? Yang penting interior mobil Anda yang kumal bisa kembali segar, kan?


VAKUM DEBU & KOTORAN

Anda bisa mulai dengan mem-vakum semua debu dan kotoran yang bersarang di kursi dan karpet. Lalu dengan membersihkan dashboard dan panel pintu dan kursi menggunakan lap lembut yang sudah dicelup air hangat.


VINYL & BAGIAN PLASTIK

Pergunakanlah cairan pembersih, namun jangan lupa mencairkannya lebih dulu. Menggunakan cairan pembersih konsentrasi tinggi memang ampuh menghilangkan noda, tapi beresiko bisa menghapus lapisan pelindung vinyl. Resiko lainnya adalah merubah warna bahan-bahan plastik. Anda juga bisa menggunakan cairah pembersih yang biasa dipakai di rumah (meskipun tidak disarankan) juga bisa koq dipakai menghapus noda-noda bandel.


Kalau ingin aman, gunakanlah cairah pembersih, cobalah dulu dengan membersihkan bagian-bagian tertentu yang posisinya tersembunyi. Apabila Anda rasa cukup aman, barulah Anda pakai untuk seluruh bagian. Pastikan seluruh pekerjaan diselesaikan dalam satu kali kesempatan. Sebagai catatan; kebanyakan cairan pembersih aman dipakai untuk mobil, tapi tidak ada salahnya jika Anda selalu melakukan prosedur pengecekan seperti disebutkan diatas guna memperkecil resiko.

Usai membersihkan vinyl dan bagian-bagian plastik, anda bisa gunakan cairan pelindung vinyl/plastik yang banyak dijual dipasaran.


UPHOLSTERY

Noda pada upholstery perlu perlakuan khusus agar hasil akhirnya nampak bersih. Air dingin terbukti ampuh untuk menghilangkan noda-noda makanan. Usapkan saja kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada noda makanan. Mulailah dari sisi luar dan terus mengarah ke pusat. Cuci lap setiap selesai digunakan.


Lalu, bagaimana caranya untuk menghilangkan noda-noda lemak seperti yang berasal dari lipstik, kue tar, crayon dll? Jangan kawatir, Anda bisa melakukannya, tapi Anda perlu pembersih khusus yang banyak tersedia dipasaran. Langkah-langkahnya mudah, Sebisa mungkin keriklah dulu noda yang menempel dengan cutter atau silet, bisa juga pakai pisau tumpul. Noda yang tersisa diusap dengan lap lembut yang sudah dibasahi cairan pembersih. Seperti biasa, mulailah dari sisi luar dan diteruskan kepusat. Bagian yang sudah dibersihkan dikeringkan dengan “hair drier”. Anda harus hati-hati, jangan sampai terlalu panas.


Bagaimana dengan noda bekas permen karet? Anda bisa menghapusnya dengan menggunakan es batu untuk membekukan sisa-sisanya. Kerik dengan cutter atau silet, bisa juga pakai pisau tumpul, lalu dilanjutkan seperti membersihkan noda lemak.


Bagaimana dengan noda yang tidak bisa diketahui jenisnya? Apabila Anda tidak yakin dengan penyebab noda yang menempel di interior mobil Anda, bawalah mobil Anda ke “salon mobil” yang memang ahlinya dalam perawatan interior, itu cara paling aman dan Anda bisa belajar dari sana.


KACA

Nah, setelah interior mobil Anda segar kembali, berikutnya adalah membersihkan kaca bagian luar maupun dalam dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Lumasi pula karet-karetnya dengan larutan silikon agar awet.


MENJAGA KONDISI INTERIOR

Kondisi interior mobil Anda perlu dipertahankan kondisinya, maka yang harus Anda perhatikan adalah dengan membiasakan untuk memarkir kendaraan Anda ditempat yang teduh. Apa alasannya? Karena kendaraan Anda ketika :

  • dijemur pada suhu 35 derajat Celcius selama 20 menit, suhu interiornya melesat naik menjadi 50 derajat Celcius,
  • dijemur dalam waktu 40 menit, suhu interiornya akan naik lagi menjadi 65.5 derajat Celcius.


Wow... Anda bisa bayangkan! betapa tersiksanya material interior kendaraan Anda yang dipanggang dalam kondisi panas seperti itu.


Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjadi pilihan rekreasi ringan Anda dalam rangka pelemasan otot-otot Anda yang kaku.


Oh.. ya, kami perlu ingatkan, bahwa Anda bisa mendapatkan bahan-bahan pembersih kendaraan Anda --mobil maupun motor-- di Toko kami. Terima kasih

No comments: