Friday, March 13, 2009

AC MOBIL ANDA TIDAK BERES?


AC mobil berjalan sempurna, maka kenyamanan berkendara pun akan terasa lancar
Sistem pendingin udara (AC) pada mobil sangatlah penting, baik di musim penghujan apalagi bila udara panas. Berkendara akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Tapi bila AC ngadat atau tak sedingin sewaktu masih baru, keadaan pun jadi serba salah. Bila kaca jendela dibuka, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap.
Gangguan pada AC biasanya lantaran saluran buang evaporator tersumbat. Sekurangnya ada tiga penyebab saluran itu tersumbat :
1. Selang Karet terhimpit atau melintir sehingga air buangan akan berbalik naik. Ketika selang penuh, air akan meluap dan selang lepas dari outlet meski telah dilengkapi klem.
2. Tersumpal kotoran. Selang buang bisa tersumpal lumpur karena ujung selang ini berada di kolong mobil. Bahkan, selang itu bisa lepas dari pipa outlet evaporator.
Cara mengatasi ketika terjadi gangguan-gangguan di atas adalah sbb :
1. Siapkan obeng kembang (+) , buka garnish penutup pilar utama kanan dan kiri, tanpa alat bantu.
2. Buka penutup kanan dan kiri dengan obeng. Lalu lepas penutup sakelar AC dengan membuka 2 buah sekrup. Lepas 8 sekrup pemegang 4 penutup saluran masuk dan buang blower.
3. Buka 13 sekrup tutup blower bagian bawah, lakukan dengan teliti dan jangan dipaksakan saat mencabutnya.
4. Periksa dan bersihkan tutup itu dengan lap kering. Amati slang yang terjepit, melintir atau lepas, lalu betulkan.
5. Pastikan kompresor ujung slang bersih dari kotoran. Rangkai kembali semua komponen dengan teliti.
Selamat berkendara!

No comments: