Sunday, November 16, 2008

MOBIL BERMESIN INJEKSI WAJIB SERVIS RUTIN

Untuk mempertahankan agar sistem injeksi mobil Anda tetap awet dan berfungsi optimal, maka perlu dilakukan servis berkala (rutin).

Komponen-komponen utama mobil bermesin injeksi adalah pada sistem pasokan bahan bakar dan udara. Komponen-komponen sistem injeksi tersebut tetap awet dan berfungsi optimal wajib di servis secara rutin setiap 5.000 km, yang meliputi:

  1. Filter Bensin

Bersihkanlah Filter Bensin dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi. Filter yang sudah terlalu kotor sebaiknya diganti dengan yang baru, karena dapat berakibat kerusakan yang merembet pada Pompa Bensin. Kerusakan tersebut dapat Anda dengar dari suara berisik yang muncul disertai nada yang tidak stabil.

  1. Filter Udara.

Bersihkanlah Filter Udara dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi dari arah belakang untuk membersihkan kotorannya. Gantilah juga Filter Udara apabila sudah terlalu kotor.

  1. Throttle Body

Apabila Anda merasakan gejala tarikan mobil Anda kurang responsive itu artinya Throttle Body mobil Anda kotor. Jika kotoran sudah menumpuk di throttle position sensor maka putaran mesin bisa pincang saat stasioner. Sumber kotoran biasanya berasal dari udara yang terisap ke ruang bakar. Jadi, kebersihan Throttle Body sangat tergantung pada perawatan Filter Udara. Bersihkanlah Throttle Body menggunakan cairan semprot yang banyak dijual di toko onderdil khusus untuk mesin injeksi caranya :

· Semprotkan satu kaleng cairan lewat mulut Skep Throttle Body sambil mesin dinyalakan dengan putaran stasioner.

· Jagalah putaran mesin agar tidak mati, sehingga cairan pembersih bisa masuk ke seluruh celah klep, agar dapat berfungsi membersihkan ruang bakar secara merata.

· Kemudian matikan mesin sekitar 15 menit. Lalu nyalakan lagi mesin dan mainkan putaran mesin hingga 6.500 rpm. Sisa kotoran dan kerak di Throttle Body akan terbuang bersama asap Knalpot.

  1. Nosel Injektor

Nosel yang berfungsi menyemprot bensin juga harus dibersihkan supaya arah dan bentuk semprotannya ideal. Lubang Nosel yang berukuran kecil bisa tersumbat kotoran / kerak yang mengakibatkan semprotan bensin jadi kacau dan debitnya berkurang sehingga putaran mesin pincang dan tarikan mobil jadi kurang responsive.

Bersihkan Nosel Injector dengan cara mencampurkan larutan kimia pembersih yang banyak dijual di toko onderdil ke tangki bensin. Bensin dan larutan kimia ini akan bersenyawa dan mengalir ke Nosel untuk mengikis kotoran.


Selamat Berkendara!

No comments: